Kamis, 17 Juli 2014

Menyembunyikan User Account Pada Windows XP

Walaupun Windows XP sudah tidak disupport lagi dari Microsoft pada pertengahan tahun 2014  adakalanya kita dihadapkan komputer-komputer lama yang masih terinstal windows XP, sebagai IT Support kita diharuskan untuk mengatur tingkat keamanan dari sebuah user dalam mengakses komputer windows sehingga dapat mengatur hak akses masing-masing user, dimana akses untuk komputer user sebagai user limited dan IT Support sebagai user adminnya.

Dalam mengatur tingkat keamanan di system windows XP dan mencegah user mengakses user admin, adakalanya kita harus menyembunyikan user admin agar tidak bisa diakses oleh user biasa, sehingga pada saat login awal user administrator tidak terlihat di menu login. Hal demikian juga bisa kita gunakan apabila dalam sebuah komputer terdaftar banyak user didalamnya dan tidak ingin terlihat apalagi diakses sembarang user.

Berikut saya jelaskan bagaimana cara menyembunyikan user dalam sebuah komputer Windows XP :

1. Buka menu Run -> Ketik Regedit
2. Pilih menu regedit berikut ini, 
    HKEY_LOCAL-MACHINE -> SOFTWARE -> Microsoft -> Windows NT -> CurrentVersion ->   Winlogon -> SpecialAccount -> UserList 
3. Klik kanan pada kolom sebelah kanan, masukan key dengan data type sebagai berikut :
    REG_DWORD (DWORD Value ), dimana untuk nilai 0 untuk menyembunyikan dan nilai 1 untuk menampilkan kembali.
4. Lakukan logoff atau restart pada komputer.

Setelah proses tersebut kita lakukan kita tidal akan melihat lagi penampakan user yang tadi kita sembunyikan. Untuk mengakses user yang kita sembunyikan kita bisa menekan 2x kombinasi tombol Ctrl + Alt dan Del secara bersamaan.

Semoga bermanfaat, salam support....."!!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar