Sabtu, 12 Juli 2014

Instal Windows di Laptop Yang Sudah Terinstal Linpus Linux

Sebagian orang lebih suka membeli laptop/notebook yang tidak terinstal operating system Windows walaupun demikian, tidak bisa dipungkiri klo kita membeli laptop kosong/tanpa windows lebih murah ketimbang membeli laptop yang sudah terinstal Windows, tidak salah kalau mereka berpikiran seperti itu karena banyak toko-toko software bajakan yang menjual dagangannya dengan harga yang sangat murah. Bahkan oleh sebagian orang sanagat menggampangkan pengerjaan Instalasi Operating System Windows itu sendiri, sehingga tidak salah kalau mereka lebih suka membeli laptop dalam keadaan windows kosong walaupun dilain sisi tanpa meraka sadari akan semakin membudayanya tingkat pembajakan di negeri tercinta ini.

Awalnya saya kira untuk instal sebuah Operating System Windows di laptop baru, dimana laptop tersebut sudah "system built in Linpus Linux" sama seperti instal laptop kosong pada umumnya. Rasa bingung pun mulai muncul ketika saya mulai melakukan Booting dengan DVD Windows 7 dan 8 ...."?" pun sudah saya coba tapi tanpa hasil. Padahal untuk booting awalnya sendiri sudah disetting dan sudah di tekan F8 atau sembarang tombol di kyboard, tapi ternyata eh ternyata laptop tetap melakukan booting di "Linpus Linux", saya pun sampai terheran dan belum pernah mengalami hal seperti ini.

Lengkap sudah julukanku sepagai IT-KW,,,hehehe Upzzz...." sampai-sampai hal terkecil sepeti itu saja saya belum mengetahuinya Sampai akhirnya saya coba googling dan menemukan materi yang pas yang membahas "Instal Windows di Laptop dengan awal Boot Linpus Linux" berikut saya share bagaimana cara melakukannya :

1. Ketika laptop menyala masuklah ke menu Bios ( seperti bisa )
2. Masukkan DVD Installer Windows
3. Pilih menu Boot - Boot Mode pada bios, ubah tulisan UEFI pada BIOS menjadi LEGACY, lalu lakukan reboot (usahakan 2x)
4. Pada reboot yang ke-2 kamu akan menemukan Boot Order
5. Lakukan Instal Windows seperti biasa.

Dan akhirnya saya bisa melakukan instalasi windows secara normal setelah melakukan konfigurasi BIS seperti diatas, saya harap semoga bisa memberikan pencerahan bagi yang belum menemukan cara mengatasinya......" Thx untuk yang menulis trik tips diatas yang pada saat intu saya lupa melihat alamat websitenya.

4 komentar:

  1. gan di laptop acer z1401 di menu boot pada bios gak ad boot legencynya gan?
    gmna gan , mhon bantuannya?

    BalasHapus
  2. makasih banyak kaka... Pokoknya semoga berkah selalu Amiiiin

    BalasHapus