Senin, 21 Juli 2014

Menampilkan Data Yang Disembunyikan Virus

Seorang user tiba-tiba datang dengan rasa panik menanyakan prihal datanya yang  hilang di flasdisknya. Dia menjelaskan kronologis tentang mengapa data itu bisa hilang ketika iya mencolokkan flasdisknya di komputer kantor, padahal dia meyakini datanya ada ketika iya mencolokan flasdiknya dilaptop temannya.

Ketika dicek ternyata datanya kosong di drive flasdiksnya, saya langsung berfikir apakah ini diakibatkan ulah virus bandel yang suka menyembunyikan atau meng-hidden data, langkah awal pun saya coba dengan melakukan "check show hidden file" di menu view taskbar di windows explorer (jika menggunakan Windows XP), dengan melakukan scan antivirus terhadap drive flasdisk user ini, berulangkali dilakukan scan ternyata tak ada satu virus pun yang terdeteksi, tak perlu pikir panjang saya pun langsung mengambil langkah jitu memperbaikinya menggunakan perintah command. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Buka menu run, ketik cmd (jika menggunakan Win XP) atau ketik cmd pada menu search (jika menggunakan Win 7)
2.  Lihat nama drive apa yang terbaca pada windows explorer, misal drive E, F atau G
3.  Setelah jendela command terbuka, ketik nama drive: kemudian enter
3.  Ketikan perintah sebagai berikut :
    Drive:\>attrib -r -a -s -h /s /d  enter

Bukan sulap bukan sihir semua data yang ada di drive flasdisk akhirnya dapat terbuka, dan hati user pun sanagat senang melihat datanya yang kembali pulang..upss. Demikian semoga bermanfaat, salam support.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar