Minggu, 27 Juli 2014

Mengatur Konfigurasi User Jabber Pada Server CUCM Cisco

Sebuah aplikasi IM (Instant Masseging) atau yang lebih dikenal dengan aplikasi broadcast pesan sangat diperlukan terutama dalam lingkungan kantor yang aktifitasnya selalu didepan komputer. Sehingga user dapat dengan mudah mendapatkan informasi pesan singkat mengenai informasi  kegiatan atau menyangkut pekerjaan dalam perusahaan.

Cisco Jabber adalah sebuah aplikasi berbasi IM yang terintegrasi didalam server CUCM Cisco dan dapat berjalan bukan saja didalam jaringan lokal untuk PC atau Mac tetapi bisa berjalan di HP pintar anda. dimana proses kerjanya sama seperti aplikasi IM pada umumnya. Sebelum menikmati aplikasi ini kita dihadapkan pada licenci yang harus dibayarkan tiap tahunnya untuk setiap paket usernya. Langkah awal yang harus dilakukan sebelum dapat menggunakan aplikasi ini adalah mendaftakan user-user di Server CUCM Cisco, Berikut dijelaskan cara konfigurasi user Jabber Cisco seperti menambahkan, mengubah dan menghapus.

Cara menambahkan, edit dan hapus user Jabber Cisco :

1. Buka browser, ketikan ip address server CUCM
2. Pilih Menu -> User Management -> End User


3. Klik "Add New" untuk menambahkan user baru
4. Masukan pada textbox "Password","Confirm Password", "PIN", "Confirm PIN", "Last Name", "First name" dan "Telepone Number"


5. Klik tombol "Save"
6. Untuk melakukan edit, bisa melakukan perubahan pada nama user atau "Password dan PIN" dengan klik "edit credential" dan klik tombol "Save" kembali.
7. Untuk penghapusan user, klik user yang telah dibuat
8. Klik tombol "Delete"

Setelah mendaftarkan user-user diserver, langkah selanjutnya adalah instal aplikasi Jabber Cisco di setiap komputer user yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya. semoga bermanfaat salam support..".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar