Senin, 18 Agustus 2014

Menjadikan Macbook Sebagai Internet Sharing



Berbagai keadaan yang mungkin terjadi dialami oleh seorang IT Support dalam membantu user memecahkan suatu permasalahan bahkan dalam situasi waktu yang sempit sekalipun. Kasus kali ini dihadapkan pada situasi disuatu tempat yang hanya memiliki jaringan kabel dan tidak tersedia jaringan nirkabel (wifi), mungkin untuk sebuah perangkat Macbook hal ini masih bisa ditanggulangi menggunakan port RG45 yang tersedia untuk dapat koneksi ke jaringan internet, bagaimana dengan iPad atau iPhone yang tidak memiliki port RG 45 sebagai media koneksinya, mungkin hal ini akan bisa ditanggulangi apabila kita mempunyai sebuah portable router,  tapi bagaimana jika kita tidak memilikinya, bahkan disituasi ini jaringan 3G pun tidak bisa terkoneksi sama sekali.  Situasi ini hampir mirip pada artikel yang saya tulis minggu lalu "Menjadikan iPad dan iPhone sebagai Personal Hospot" hanya saja berbalik situasi dan keadaannya, jika dulu mengambil koneksi internet dari sebuah jaringan 3G iPad/iPhone maka untuk kali ini kita akan menggunakan Macbook sebagai sumber koneksi jaringan internet.

Kejadian seperti ini bisa terjadi dimanapun baik disuatu kantor ataupun dihotel yang hanya memiliki jaringan kabel. Apakah masih ada solusi pemecahannya ?, suatu masalah pasti ada penyelesaiannya jika kita berpikir tenang dan jernih. Menariknya sebuah Mac OS memiliki fitur yang bisa digunakan untuk berbagi koneksi internet dengan peralatan lain dan tidak membutuhkan sebuah software apapun untuk menjalankan fitur ini.

Berikut cara mengaktifkan Mac Internet Sharing :

1. Klik menu Apple -> System Preference -> Sharing.
2. Ceklis pada pilihan "Internet Sharing".
3. Pilih interface dari Macbook yang terhubung ke internet pada pilihan "Share your connection from" dengan memilih "Fix Ethernet".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar