Senin, 04 Agustus 2014

Masalah Mac OS pada Macbook

Sebuah Macbook sangat terkenal dengan software & hardwarenya yang handal, bukan saja Operating Systemnya yang user friendly dan jarang mengalami error system, tapi juga perangkat-perangkatnya yang awet dan jarang mengalami kerusakan. Tapi adakalanya sebuah barang pada hakekatnya pasti mempunyai umur dalam pemakaiannya, begitu pula dengan sebuah Macbook yang dalam pemakaianya sangat rentan dengan rutinitas kerja sehari-hari yang menuntut user bekerja dengan macbooknya dengan kinerja yang optimal.

Kita pun sebagai user terkadang dituntut untuk dapat mengerti permasalahan dasar pada Macbook yang kita gunakan sehari-hari, agar pada saat mengalami kerusakan kita tidak panik dan dapat mengambil langkah-langkah yang tepat dan cepat dalam melakukan perbaikan yang bisa dilakukan sendiri. Berikut dijelaskan Berbagai masalah Macbook yang sering dialami :

1. Kerusakan System

Pada kondisi ini sytem tidak bisa start, dimana system mengalami kerusakan dan kondisi hardisk setelah di cek masih bagus. langkah yang bisa kita lakukan yaitu dengan menekan tombol kombinasi Command + [R] saat startup, dimana kombinasi tombol ini akan menjalankan Modus Recovery yang memungkinkan kita bisa memperbaiki system dan mengembalikan data dari Time Machine, yang harus kita pahami bahwa sebenarnya system Recovery Mode berada pada volume atau partisi yang berbeda sehingga kerusakan yang terjadi pada system tidak akan mempengaruhi volume dan Recovery Mode. Dimana proses yang akan terjadi kita akan memilih pilihan yang pertama dari Recovery Mode yaitu "Restore from Time Machine Backup" yang memungkinkan kita mengembalikan system OS beserta data ke dalam Mac.

2.  Kerusakan Hardisk

Pada kondisi ini kita dihadapkan pada kerusakan Hardisk di Macbook sehingga penanganannya pun tidak bisa dengan cara Recovery Mode karena volume di dalam hardisknya akan ikut rusak dan tidak ada system yang bisa dijalankan. Untuk itu kita membutuhkan sebuah media untuk menjalankan OS X. Media ini dinamakan "Recovery Disk Assistent" yang bisa kita dapatkan di situs resmi support Apple dan kita burning dalam sebuah CD, dimana setelah itu kita bisa melakukan proses pengembalian data dari Time Mechine.

3. Kerusakan Total

Ini adalah kondisi yang paling parah yang suatu saat bisa kita alami dan tidak kita inginkan. Dalam kondisi ini Macbook kita hilang, atau kerendam banjir, dan tidak ada yang bisa kita lakukan kecuali kita membeli Macbook baru. Pertanyaan yang muncul dibenak kita, bagaimana dengan datanya ??tidak usah panik' ternyata kita bisa melakukannya dengan mudah pula, kita tinggal membeli Macbook  baru dan kemudian menjalankan program yang bernama "Migration Assistent" yang sudah terintegrasi di dalam Mac OS. Saat program ini dijalankan, pilih pilihan 'from a Mac, PC, Time Mechine backup or other disk'.

Demikian sedikit permasalahan Mac OS pada Macbook yang kita sering alami, semoga kita bisa menjadi penolong untuk diri kita sendiri. semoga bermanfaat salam support.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar