Rabu, 03 September 2014

Cara Setting Firewall Untuk Akses Jaringan Sharing Di Windows XP

Di sebuah Sistem Operasi penggunaan firewall sangat diutamakan karena selain berfungsi mengatur sistem keamanan jaringan komputer, dengan melindungi komputer dari berbagai serangan dari komputer luar, dan berfungsi mengatur otorisasi lalu lintas jaringan. Begitu juga pada sebuah Sistem Operasi Windows XP yang tidak sembarangan memberi akses jaringan dari luar untuk dapat masuk mengakses folder atau printer sharing untuk komputer lain.

Butuh beberapa pengaturan untuk dapat membuka port sharing yang terdapat pada Windows XP agar bisa berbagi data dengan komputer lain dalam suatu jaringan, Terkadang hal ini juga kurang diperhatikan oleh user dalam menggunakan sebuah komputer dengan menonaktifkan fungsi firewall yang ada di sebuah Sistem Operasi Windows tanpa mempedulikan kemungkinan banyaknya serangan dari komputer luar yang dapat menggangu bahkan merusak Sistem Operasi yang ada di sebuah komputer. Padahal kenyataannnya selain Antivirus, penggunaan firewall juga sangat melindungi komputer kita dari serangan seperti virus, trojan dan teman-temannya untuk menutup segala celah pada setiap port jaringan yang dapat mengancam komputer kita.

Berikut saya jabarkan Cara setting firewall untuk akses jaringan sharing di Windows XP :

1. Klik tombol Star -> Control Panel -> Firewall, pastikan firewall dalam keadaan On (aktif)


 2. Klik pada tab Exeptions, Pada kolom "Program and Services" pastikan contreng pada pilihan "File and Printer Sharing"


 3. Klik tombol edit, pada kolom "Edit a Service" pastikan port "TCP 445" tercontreng kemudian klik Ok.

Setelah melakukan langkah diatas, kita tinggal mengakses file atau printer sharing pada komputer Windows XP tersebut. Selamat mencoba, salam support.

1 komentar:

  1. Ini cara blokir aplikasi di windows xp
    https://www.youtube.com/watch?v=LJ1xOxEOrxo

    BalasHapus