Kamis, 28 Agustus 2014

Cara Share Printer Komputer Windows ke Mac

Dalam sebuah komputer yang terhubung dengan sebuah jaringan memungkinkan kita hanya menggunakan satu printer yang akan digunakan sebagai printer server sehingga semua komputer yang terhubung dalam satu jaringan tersebut bisa saling berbagi printer. Akan lebih mudah apabila kita melakukan sharing antar komputer Windows dan tak jarang ada sebagian user yang bingung bagaimana melakukan share printer dari komputer Windows ke Mac. Berikut saya jelaskan caranya :

Sebelum melakukan sharing printer di Mac, pastikan driver printer tersebut sudah diinstal di komputer Mac, pada kali ini saya akan instal driver printer epson L200 for mac terlebih dahulu sebelum melakukan sharing printer yang diambil dari komputer Windows , setelah driver terinstal lakukan sharing printer sebagai berikut :

1. Masuk ke System Preference


2.  Pada kotak dialog Print & Scan, klik tombol "+" untuk menambah printer baru.


3. Pada kotak dialog "add" pilih penambahan printer berdasarkan "Windows" kemudian pilih group jaringan dimana komputer Windows ada didalamnya.

Cara Share Printer Komputer Windows ke Mac

4. Klik nama komputernya, masukkan username & password komputer dan contreng "Remember this password in my keychain" untuk menyimpan printer sharing.

Cara Share Printer Komputer Windows ke Mac 

5. Pilih "select Printer Software" untuk memilih driver printer yang sudah kita instal di Mac, pada contoh ini kita menggunakan driver printer epson L200.


6. Setelah kita selesai melakuakan share printer kita akan melihat printer hasil sahring yang sudah kita tambahkan pada kotak dialog "Print & Scan".

Demikian pembahasan yang bisa dibagi hari ini, semoga bermanfaan salam support.

19 komentar:

  1. yang di maksud masukan password dan user name itu miliknya mac atau komputer server/windows yang terhubung langsung ke printer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masukan user dan password komputer (server printer) utk mengakses printer server

      Hapus
    2. Trimakasih banyak pencerahannya agan

      Hapus
  2. cara mengetahui user dan password (server printer) gmna y gan?

    please help me, udah ane uprek" gagal trus -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. User & pass yg dimaksud yaitu user & pass PC dimana printer itu terkoneksi

      Hapus
    2. Pc yang terconect ke printer tidak menggunakan user & pass tapi masih juga minta user & pass diMAC nya cara mengatasi masalah nya gimana gan ?

      Hapus
    3. gan, saya mengalami masalah yang sama. mohon pencerahannya

      Hapus
    4. yg saya alami pun sama,,, tdk pakai user dan pasw tp msh di mainta juga.

      Hapus
  3. gan mohon pencerahnya dong ane bingung sama imac tmn ane, ane udah ngikutin cara yg diatas tapi driver si printer gk mau keluar itu kira2 masalahnya dimana ya gan

    BalasHapus
  4. Untuk drivernya diinstal dulu gan, download aj sesuai dgn versi MacOs, atau cara gampangnya : Internet iMacnya diaktifin aj trus printernya dicolokin ke iMac supaya bisa otomatis ngebaca & instal driver via internet.
    Baru dah ikutin cara diatas lg. Semoga berhasil......

    BalasHapus
  5. Gan kalo PC pada printer itu tidak di password? akan tetapi pas permintaan koneksi memerlukan password? solusi nya gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini sama seperti saya, komputer yg terhubung printer tidak di password, itu solusinya bagaimana gan?soalnya pada waktu test print selalu di tanya username dan password mulu

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  6. Pc servernya hrs di kasih password dulu gan, krn ini udh persyaratan utk verifikasi keamanan pd saat sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah memsukan user name ama password tapi ga bisa juga bri

      Hapus
  7. Gan kalau di balik gimana, printer tersambung di MAC nah printer tersebut ingin di share biar bisa terkoneksi dengan windows, caranya gimana, karena kalau Saya coba add printer di jaringan windows, MACnya tidak terbaca. mohon pencerahannya

    BalasHapus
  8. mau nanya, pdahal sudah terhubung dijaringan yang sama, tapi kenapa ya printer tidak ada yang muncul di menu Mac nya ?
    padahal banyak printer yang telah di sharing dikantor ini.
    terimakasih.

    BalasHapus
  9. mau nanya, pdahal sudah terhubung dijaringan yang sama, tapi kenapa ya printer tidak ada yang muncul di menu Mac nya ?
    padahal banyak printer yang telah di sharing dikantor ini.
    terimakasih.

    BalasHapus