Selasa, 19 Mei 2015

Bagaimana Cara Konversi File CDA ke MP3 ?

Begitu banyak jenis format file audio yang kita ketahui dan sangat familiar di telinga, seperti .mp3 dimana jenis file ini  mempunyai kelebihan yaitu dengan kapasitas ukuran file kecil tetapi dengan kualitas suara tetap terjaga dan dapat dijalankan serta disupport di semua type smartphone, tetapi tidak banyak yang tahu untuk beberapa jenis file audio seperti .cda dimana format file audio jenis ini merupakan representasi dari track cd audio yang mempunyai kelebihan dapat langsung di jalankan melalui cd/dvd room dan jenis file ini mempunyai kapasitas file audio yang cukup besar, serta tidak di support di semua aplikasi komputer atau smartphone. 

Ketika kita mendapatkan file dengan jenis ini .cda untuk sebagian orang mungkin bingung cara menjalankannya dengan menggunakan aplikasi apa ? karena jenis file ini jarang disupport oleh aplikasi komputer apalagi smartphone. Untuk itu langkah yang harus kita lakukan adalah melakuakan convert / konversi dari file .cda menjadi file .mp3 agar bisa di jalankan diberbagai aplikasi audio. Sekarang pertanyaaannya bagaimanakah cara konversinya ?? Apakah dibayangan kalian caranya dengan menggunakan software convert yang berbayar dan super canggih !!, ternyata tidak, karena kita dapat melakukannya menggunakan software gratis seperti iTunes, dimana aplikasi ini mungkin sering kita dengar dan bahkan sering kita gunakan sehari-hari.

Berikut saya jelaskan cara konversi file .cda ke .mp3 dengan menggunakan iTunes :
  1. Jalankan aplikasi iTunes, bila blm punya downlod aplikasi di www.itunes.com
  2. Lakukan konfigurasi output seperti lokasi penyimpanan hasil konversi dan type file,  klik menu Edit, Preferences..

    3. Klik tombol "Import Setting"

    4. Pilih "MP3 Encoder" pada pilihan Import Using

   5. Klik pada device DVD Rom untuk melihat file .cda yang akan dikonversi

   6. Lakkan proses konversi dengan memilih file yang akan dilakukan konversi, klik kanan "Create            MP3 Version"

7. Tunggu hingga proses konversi selesai dan file cda akan berubah menjadi mp3, kita bisa melihat hasilnya di folder output yang sudah kita konfigurasi di awal.

Demikian cara konversi file cda ke mp3 semoga bisa bermanfaat yah.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar